Posted on

Saya nggak jadi (nge)Go Blog

Ngeblog yang baru 2,5 bulan bagi saya rasanya sudah sangat lama, tak satu orangpun yang saya kenal secara lahir dan mungkin juga nama sebenarnya. Tapi ada beberapa blogers begitu dekat rasanya dengan saya, lewat tulisan dan gaya bahasanya serta komentarnya pada tulisan orang lain.Kepribadian yang saya tangkap lewat itu semua bisa jadi benar dan bisa saja bertolak belakang yang jelas saya merasa akrab di dunia blog ini dengan mereka.

Keakraban yang maya ini ingin tetap saya nikmati karena mereka adalah sahabat atau bukan tetap saja tulisan-tulisannya memberikan warna tersendiri bagi saya, sentilan, nasehat bahkan arogan cenderung lebih banyak bermanfaat buat saya. Curhat atau sekedar hahaha hihihi dan mengangkat isue tentang selebritis atau apa saja yang notabene ada dalam surat kabar maupun media televisi membuat saya lebih banyak tau sebab tidak mungkin saya akan membaca semua media cetak atau menonton semua channel TV dan mendengar semua gelombang Radio. Untuk itu patutlah saya berterima kasih kepada semua blogers tanpa kecuali.

Memasuki tahun 2008 ini makin variatif yang saya tahu, saya menjelajah mengunjungi blog-blog lain dari daftar blogroll blog yang saya kunjungi membawa saya terus berjalan sehingga sayapun tau kalau blog anu akrab dengan blog itu dan dengan blog yang sana. Blog ini sedang istirahat, blog ono sedang jenuh dll.

Akhir-akhir ini ada beberapa blogers yang ingin mengemukakan perlunya keseriusan bagi para blogers dalam menulis ataupun memberi komentar, berawal dari trik jitu (penipuan) judul tulisan demi mengejar traffik. Himbauan membuat tulisan bermutu dan bermanfaat dilontarkan lewat Postingan-postingan yang mencemooh blog-blog curhat, puisi romansa, cerpen atau lucu-lucuan apalagi diary.

Apa sebetulnya kriteria tulisan bermutu?????? dari segi materinya atau dari segi ketatabahasaan yang baik dan benar, atau dari segi manfaat bagi para pembacanya?. Kalau dari segi materi tentu tidak semua materi tulisan orang suka, jika ditinjau dari sudut tatabahasa justru lebih banyak yang suka tulisan dengan gaya bahasa pergaulan, dan dari segi manfaat pastinya ini adalah suatu yang relatif buat setiap orang.

Membuat orang untuk melihat tulisan kita diperlukan waktu serta konsistensi dalam memberikan postingan apapun itu latar belakangnya, kalau sudah banyak dikenal siapa kita maka seperti pelukis terkenal yang menumpahkan cat diatas kanvas walau tidak sengaja yang melihat berdecak kagum padahal sipelukis sendiri merasa bersalah telah menumpahkan cat, begitu juga tulisan di dunia blog ini, jika kita melihatnya dari nama(identitas) penulis yang termasuk ke dalam seleb blog maka ketika dia membuat tulisan semisal dengan judul ” Ban Bocor, meeting tertunda ” dan isinya adalah blablabla dan bliblibli maka para pengagumnya akan berebut memberikan komentar. “Postingan yang hebat”, “sangat mencerahkan”, “makanya bawa serep” dll.

Seorang teman yang jauh lebih muda dari saya beberapa hari belakangan ikut menikmati tulisan-tulisan teman-teman di blogsphere ini, dia bilang kalau nge(go)blog banyak manfaatnya sehingga dia berniat untuk membuat blog sendiri, pada akhirnya justru yang dia katakan Saya nggak jadi bikin Blog, karena saya tidak bisa menulis yang bermanfaat buat orang lain apalagi tulisan bermutu, biarlah saya ikut membaca saja lewat WordPress.com begitu katanya.

…..dan saya(pun) mulai bertanya-tanya…..masihkah GO-Blog…..

15 responses to “Saya nggak jadi (nge)Go Blog

  1. goop

    * :mrgreen: *
    wah persis kegelisahan saya saat baru satu bulan nge-blog pak πŸ˜€
    malah bukan dari kalangan bloger yang mencela tulisan saya, tapi dari teman baik saya… katanya saya disuruh membuat tulisan yang lebih bermutu * πŸ˜† *
    kemudian teman-teman bloger malah menyemangati dan menyambut positif * πŸ˜€ *
    sekarang, saya hanya sekedar mencoba menulis saja pak, pertama untuk diri sendiri, dan semoga bila ada kegunaan bisa juga untuk orang lain
    akhirnya, semangadh pak, tetap berjalan, karena kita sama-sama masih go-blog, dibelantara ini * πŸ˜€ * makasih pak
    -salam-

  2. Hoek Soegirang ⋅

    mengenai tulisan saia, yang terlihat menghina dinakan serta menistakan blog-blog yang ndak penting, berisi curhat, dan lucu-lucuan. sebenarnya maksud dari isi postingan itu berbanding terbalik dengan apa yang terlihat. karena postingan tersebut berjenis satire. Jadi, postingan tersebut adalah sama sekali bukan himbauan, hinaan, wejangan, atau apapun kepada bloger-bloger agar menulis sesuatu yang bermanfaat. sama sekali bukan. justru, sebaliknya, saia sangatlah mendukung tulisan-tulisan tersebut, dan mendukung sangadh kebebasan menulis didalam blog. ah ya, untuk tahu apa itu satire, bisa lihat disini maaf kalo terkesan sok tahu dan menggurui. soale saia ngrasa ndak kpenak kalo ada yang salah memahami dan menanggapi maksud tulisan saia. terima kasih sangadh

  3. antarpulau ⋅

    …Saya nggak jadi bikin Blog, karena saya tidak bisa menulis yang bermanfaat buat orang lain..

    ============
    disinilah letak hal yg perlu disayangkan….
    gak ada yang tidak berrguna…
    semua hal berguna dalam hidup kita…

    Jika ada “sesuatu itu” tidak berguna, itu hanya dilihat dari satu sisi saja…
    ============

    *pulang sambil mikirin ucapan goop ttg satir….*

  4. setuju pendapat antarpulau. paling tidak buat penulisnya sendiri. namanya juga belajar berekspresi melalui tulisan. saya kira perlu diajak lagi temennya itu pak. toh ada guru kayak Kang Ersis dll. saya dulu juga begitu kok… bikin blog, tapi lebih banyak jalan-jalan. tempat mangkal doang pokoknya ada alamat yang bisa diklik di komentar. :mrgreen:

  5. hadi arr

    :: Goop,
    oke, tetap semangat masih banyak pengetahuan yang belum kita ketahui, tempat anda salah satu yang persinggahan pavorit saya. terima kasih.

    :: Hoek Soegirang,
    Bagi saya blog anda sangat menarik, dan tulisan yang kemarin sama sekali tidak menghina-dinakan siapa-siapa tulisan anda senantiasa membuat saya girang, dan tentang SATIRE alhamdulillah saya paham. Soal teman saya yang tidak jadi bikin blog seperti itulah alasannya dan mungkin ada mungkin juga tidak ada keterkaitannya dengan tulisan anda jadi nggak perlu merasa nggak kpenak, dan tulisan saya di atas juga bukan jawaban tulisan anda, justru saya ingin menggambarkan keleluasaan di blogsphere ini. Ok Hoek terima kasih juga dengan sangadh.

    :: antar pulau
    Begitulah pendapat kawan tadi, semoga saja niatnya biasa berubah, yang jelas dia masih tetap terus mengunjungi WordPress.com, pulau inipun jadi salah satu tempat wisata yang sering saya singgahi, terima kasih.

    :: sitijenang,
    walau baru beberapa kali singgah ternyata tempat anda juga begitu menarik, persis saya pun begitu, pertama saya buat blog ini adalah untuk meninggalkan beberapa tulisan buat anak-anak saya, lama kelamaan saya hanyut bersama an dengan semakin luasnya jagad yang saya jelajahi. Tentang teman tadi biarlah waktu yang akan menentukan, terima kasih.

  6. gempur

    Pak, wah ternyata banyak juga yang kena dengan tulisan hoek soegirang.. hahahahahha.. padahal tulisan dia bagus banget loh untuk menyemangati.. bukannya malah nge-down-kan semangat tuk nge-blog..

    ANomali sebuah tulisan dari seorang Hoek juga pernah dialami antobilang.. meski saya tak serius mengamati, tapi pengalaman keduanya bagus.. mengamati dari jauh itu enak, hingga saya sempatkan mampir ke tempat mas hoek…

    blog pak hadi sendiri bagus tulisannya.. banyak ulasan yang saya suka dan sering membangkitkan kenangan masa lalu hehehehe…

    tetap semangat nge-blog.. juga untuk teman dan sahabat2 pak hadi..

  7. gempur

    eit, sorry, gak ngebaca komen dari mas hoek di atas.. hehehehe.. bener khan dugaan saya.. ini argumentasi mas hoek yang saya tunggu.. anomali yang satire gaya khas anak muda..

    semangta mas hoek..! πŸ˜‰

  8. Weleh….sampe dibikinken “editorial” sgala. Swear Kang…kaya’ yg di tipi-tipi itu.

  9. Assalaamu ‘alaikum Papi…
    Saya juga sebenarnya sempet gelisah -bahkan sekarang juga kadang-kadang muncul- dengan per-bloggan ini. Tapi, akhirnya saya memutuskan untuk terus nge-blog, hitung-hitung belajar nulis. Selain itu, kerjaan saya setiap hari ya di depan komputer, nyaris gak bisa ke mana-mana, karena saya nyangkulnya harus melototin komputer, cek email, cek ini-itu via internet. Yah, daripada mubadzir saya manfaatkan juga buat nulis di WP.

    Terus berkarya ya papi…

  10. hadi arr

    :: Gempur
    tulisan hoek memang bagus dan saya 1000% memahami
    teman saya itu membatalkan niatnya sebelum tulisan hoek
    tapi tulisan saya terbit setelah itu,jadi ada anggapan
    saya menanggapi.
    Terima kasih Mas Ghofur, blog anda juga sangat menarik.

    :: Serdadu langit
    bukan ah, kalo di tipi-tipi kan swelebh semua
    saya tunggu tips-tips dari serdadu langit.

    :: Ram-Ram Muhammad
    Wa’alaikum salam, wah dipanggil papi uban saya jadi
    nambah nih. Pak Ram terima kasih buat semua tulisan
    yang pernah saya baca. Hati-hati cangkulnya……

  11. regsa

    tulislah apa yang mau ditulis…terlepas orang mau menikmati ato ndak tulisan kita …

    weunak tho … πŸ™‚

  12. Menulis adalah keterampilan. Semakin sering menulis akan menjadikan kita semakin terampil. Jadi, ayolah kita sering-sering menulis.

  13. hadi arr

    :: regsa
    Iya Mas regsa, yang penting semangat, terima kasih

    :: M Shodiq Mustika
    Terima kasih suportnya Pak

  14. edratna

    Yang penting terus menulis pak…nanti lama-lama kita akan mengenali gaya seperti apa yang membuat kita nyaman. Untuk membuat tulisan baru kadang-kadang perlu waktu, walau ada ide menumpuk di pikiran. Jadi tak perlu dipikirkan apakah bermutu apa tidak, asalkan tak menyinggung perasaan orang lain.

    Blog saya mungkin juga digolongkan tak bermutu, tapi biarlah …kita kembali ke niat semula apa tujuan kita menulis di blog.

  15. walah, kenapa teman pak hadi batal go-blog, yak, hehehehehe πŸ˜† kali aja masih pingin belajar banyak dari pak hadi doeloe, biar ngejrenk setelah resmi jadi bloger, hehehehe πŸ˜†

Tinggalkan Balasan

