Posted on

T U M P U L

sebuah kata dalam bahasa Indonesia dalam arti yang sangat sederhana adalah tidak tajam, namun bukan berarti tidak bisa melukai. Sebilah pisau tua yang lama tidak diasah kemungkinan besar akan menjadi tumpul dan tentu saja tidak tajam, namun masih bisa melukai.

Lalu apa sih yang saya fikirkan sekarang……………. otak saya menjadi tumpul dan tidak tajam lagi tetapi senantiasa akan bisa melukai. halah mau apa sebenarnya dengan kata tumpul kok saya menjadi sangat terganggu dengan kata itu.

Begitulah saat ini kondisi saya, setelah lama tidak kongkow di blog, seolah saya memang menjadi tumpul, lho wong untuk memberikan komen aja saya nggak mampu, mencerna makna tulisan dari rekan-rekan saja rasanya mumet banget, apalagi kalau mau mencoba nulis, halah-halah. Dengan otak yang rasanya lagi tumpul ini saya jadi khawatir kalau komentar dan atau tulisan saya justru melukai orang lain.

Maka dari itulah saya hanya diam seribu bahasa, suatu sikap yang menurut saya akan sangat bijak diambil dalam kondisi saya sekarang ini, tak akan ada yang terlukai dengan tulisan dan atau komentar saya, namun hari ini semua menjadi makin membingungkan buat saya, di balik cover sebuah buku yang sedang saya bersihkan terdapat tulisan tangan dari almarhum Ayahanda, ” ORANG YANG TIDAK AKAN PERNAH BERBUAT KESALAHAH ADALAH ORANG YANG TIDAK BERBICARA DAN TIDAK MELAKUKAN APA-APA, TETAPI ITU MERUPAKAN SEBUAH KEKELIRUAN YANG SANGAT BESAR “.

Lalu dengan otak yang memang sedang tumpul saya mencoba untuk memaknai dan mengambil arti yang terkandung dalam kata-kata itu. yah benar sekali ternyata saya telah keliru besar, mencoba, terjatuh, bangkit, memcoba lagi, terjatuh lagi dan bangkit lagi meski dengan luka akan lebih baik rasanya dibanding tidak melakukan apa-apa.

Salam hangat buat semua rekan blogers, salut dengan konsistensi dan jutaan ide yang tak pernah habis apalagi terputus, izinkan saya mencoba hahahaha.

8 responses to “T U M P U L

  1. he he he… selamat datang kembali, pak. kalo mau ke blog pak ersis tuh… saya belajar banyak dari beliau. 😎

  2. goop

    Mungkin perlu diasah biar tidak tumpul, bahkan Kristina pernah Jatuh Bangun, hehehe…
    -salam-

  3. Itulah awal dari semangat berkarya lagi. Ide “Tumpul” menunjukkan bahwa “tumpul” bisa diolah menjadi sebuah postingan.
    Saya jadi ingat prinsip penulisa berita. Tidak ada berita (dari sasaran/objek yang akan diwawancarai) juga adalah sebuah berita. πŸ˜€

  4. tutinonka

    Menurut saya (dan bagi saya), ide bisa kita peroleh dari mana saja. Dari membaca koran/majalah/buku, menonton televisi (tentu saja acara yang informatif — Metroteve banyak menayangkan acara seperti itu), mengamati kehidupan masyarakat yang kita temui sehari-hari, dan tentu saja, dengan blogwalking.
    Selamat mengasah otak, Mas Hadi. Insya Allah sebentar lagi akan setajam pedang samurai ….

  5. laporan

    Iya pak, kalau untuk melukai benda tumpul pun bisa, tetapi harus dengan kekuatan yang besar. Namun kalau benda yang tajam, dengan sekali gerakan yang lembut pun sudah melukai. *Tajam tapi lembut*. Salam pak Hadi.

  6. dinamika dan perjalanan hidup manusia memang tidak selalu mulus seperti orang melaju di jalan tol, pak hadi. kita butuh sesuatu yang lain, kok, supaya hidup tidak jadi monoton…

  7. Tumpul bisa di asah, cuman kalo ide itu perlu kreatifitas.

  8. perempuan

    jatuh dan bangun dlm kehidupan , bisa jadi adalah batu untuk mengasah “pisau” dalam pikiran dan jiwa qt biar lebih peka melihat hidup ya pak .. πŸ˜€

    slm knl, mampirr pakk

Tinggalkan Balasan

