SELAMAT BERPUASA

Do’a malaikat Jibril menjelang Ramadhan :

“Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal yang berikut:

Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya, (jika masih ada)

Tidak berma’afan terlebih dahulu antara suami isteri

Tidak bermaafan terlebih dahulu dengan orang di sekitarnya

Maka Rasulullah pun mengatakan Amiin sebanyak 3 kali.

Dapatkah kita bayangkan, yang berdo’a adalah Malaikat dan yang meng-amiinkan adalah Rasullullah dan dilakukan pada hari Jumaat. Oleh karena itu SAYA TERLEBIH DAHULU MEMOHON MAAF atas semua kesalahan, baik yang tidak di sengaja maupun yang di sengaja, semoga kita dapat menjalani ibadah puasa dengan Ridho Allah SWT

Selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan 1429 H


Iklan

seuntai kata buat mu

sejak senyum manismu menyentuh relung hati ku,

sejak bening matamu membasuh kalbu,

sejak sapa lembutmu menggetarkan nuraniku

dunia ini kurasa begitu indah,

pagi melihat senyummu adalah insfirasi buatku,

siang menikmati bening matamu adalah pelepas dahagaku,

sore mendengar lembut suaramu adalah penghapus lelahku,

kini dalam setiap tidurku

kau tak lagi datang meski hanya sejenak

karena kau bukan lagi mimpi-mimpi

karena kau meresap jauh keseluruh sukma ku

karena kau berbaur dalam setiap hembusan nafasku

karena kau bernyanyi ditiap detak jantungku

karena kini kau lelap disampingku

dengan irama nafasmu yang masih seindah dulu

(terima kasih, telah mendampingiku sampai kini, maafkan semua kekuranganku sungguh aku sangat bahagia menikmati perjalanan yang begitu panjang bersamamu)

———

untuk seorang istri yang setia

Deni nyetak gol

Saat sedang asik ngobrol dengan wanita tercantik di jagad ini tiba-tiba HP ku bergetar petanda ada SMS yang masuk, begitu kubuka dari Deni anakku.
“Deni, Ma”
“Apa katanya Pa?” dengan nada khawatir, istriku selalu begitu sejak menerima sms dari Deni beberapa hari lalu yang menyatakan HB darahnya kurang.
Kubuka dan aku langsung tersenyum, “Apa sih Pa?” kali ini agak tenang Baca lebih lanjut

26 tahun

Rentang waktu 26 tahun lama atau sebentar………….? itu hampir setara dengan 3,5 windu atau hampir tiga dasa warsa tapi hanya 1/4 abad lebih 1 tahun, jadi lama atau hanya sebentarkah?
Kadang dalam kesendirianku terutama pada waktu tengah malam ketika orang-orang yang kucintai sedang terlelap, ingatanku sering kuajak menelusuri (lagi) jejak langkah yang telah kutempuh, yang pernah kulalui bersamamu, kurajut dalam kenangan yang terkadang membuatku tersenyum dan tersenyum walaupun tak jarang kisah yang kita lalui penuh duka dan kepahitan, tapi dalam kenangan semua kisah bersamamu adalah keindahan.

Mama, begitu aku memanggilmu sekarang, sore tadi kelihatan murung kulihat ada kesedihan yang menggayut di matamu hati-hati aku bertanya “Ma, kenapa kok kelihatan sedih…..apa yang dipikirin Ma?”

” Mama hanya ingat anak kita Pa, tadi dia SMS katanya dia ditolak mendonorkan darah karena Haemoglobine dalam darahnya rendah”
“Kalau itu sih nggak apa-apa Ma, mungkin dia hanya perlu istirahat, asupan gizi dan vitamin”
“Tapi Pa, HB itu apasih, bukan seperti penyakitnya ****** di sinetron itu ya Pa?”
“Bukan Ma, kalau itu sih Leukimia namanya, seperti  si ***** di sinetron itukan ?”
“Ah Papa becanda terus nih, bukan sinetron itu tapi yang itu”
26 tahun kita bersama ternyata belum juga bisa menyatukan hati kita, sampai saat ini aku belum juga dapat memahami mengapa kamu begitu gandrung dengan sinetron yang menurutku hanya menghabiskan waktu, penah suatu kali kamu marah-marah karena chanelnya kami ganti dengan tayangan sepak bola……
Oh 26 tahun sejak aku mengenalmu kita akhirnya sepakat untuk membeli tv satu lagi.
Malam ini aku tersenyum lagi mengenang itu semua.
Deni, Rangga kita bisa nonton bola sekarang dengan bebas hahahahahaha, dan mama pun cemberut karena setelah 26 tahun tetap saja nonton sinetronnya sendirian.
Mama 8 tahun kita pacaran + 18 tahun kita menikah kita sudah punya Deni dan Rangga dan kita punya 2 pesawat tv yang bisa mendamaikan kita. hahahahahaha

Pelatih Inggris di PECAT !!!!!

Deni, Rangga udah pada taukan Inggris gak lolos ke euro 2008, juga si steve (pelatih) yang kena pecat lantaran kegagalan itu…….?

Semua memang begitu adanya, hidup ini penuh resiko dan kalau kita tidak berani mengambil resiko itu berarti kita tak layak disebut hidup. Tapi bukan berarti tanpa perhitungan dan bukan pula hanya modal nekad, berarti setiap langkah kita harus diperhitungkan dengan matang termasuk hal yang paling burukpun harus kita kalkulasi, contoh yang gampang kalau kita sekolah kita akan mendapat ilmu yang diajarkan dan akan naik ke kelas berikutnya, resiko teburukpun harus kita tau “tidak naik kelas”, kalau sudah begitu kita akan jalankan kehidupan sekolah kita dengan baik agar resiko itu bergeser paling tidak menjadi nilai yang pas-pasan saja tapi naik kelas.

D & R, ada kata-kata mutiara yang sangat bagus boleh disimak dan dicamkan “ Orang yang tidak akan pernah berbuat kesalahan adalah orang yang tidak berbicara dan tidak melakukan apa-apa tapi itu adalah suatu kekeliruan yang terbesar ” coba renungkan.

D & R, tapi berabad-abad yang lalu ada suatu peristiwa hebat yang menggugah hati kita dan merupakan kisah yang benar-benar menyelamatkan iman kita hingga kini, kisah itu adalah tentang diturunkannya kedudukan panglima perang Khalid bin walid menjadi prajurit biasa oleh Khalifah Umar bin Khatab, padahal Khalid bin walid senantiasa memenangkan semua pertempuran yang dihadapinya dengan gilang gemilang.

Dalam kepemimpinan Khalid bin walid tentara muslim terus menerus memperoleh kemenangan, hingga suatu hari saat memimpin rapat strategy perang datang utusan Khalifah Umar membawa surat yang isinya Khalid bin walid agar menyerahkan kepemimpinan kepada bawahannya. Khalid kemudian menemui Umar bin Khatab “apa gerangan kesalahan dan kegagalan ku ?”, Umar menjawab bahwa ” Aku sekedar melakukan tugas ku menyelamatkan tauhidnya ummat, Engkau adalah Panglima yang gagah perkasa dan Baginda Rasul yang mengangkatmu, sejak itu kau tidak terkalahkan disetiap medan pertempuran ”  sehingga rakyat mulai menyanyikan lagu puja-puji buat mu, saya khawatir seolah-olah engkaulah satu-satunya yang bisa memenangkan pertempuran dan sedikit demi sedikit akan mendekati mereka ke dalam kemusyrikan “.

Khalid bin walid lega ternyata bukan karena kesalahan dirinya dan sangat bangga mempunyai Khalifah  berwawasan luas dan sangat memperhatikan umatnya hingga keurusan tauhid, dan beliaupun ( Khalid bin walid ) kembali berjuang di bawah komando bekas anak buahnya, ” kenapa kau masih mau bertempur padahal kau telah dipecat jadi panglima oleh Umar?” pertanyaan sebagian prajurit itu dijawab dengan kata-kata yang sangat indah “Aku berjuang bukan karena Umar, tapi aku berjuang karena Allah SWT “.

D & R, segala sesuatu keberhasilan tak lepas dari pada kehendakNYA, jadi jangan sombong jika berhasil dan jangan putus asa bila menemui kegagalan, yang paling penting jauhi kemusyrikan sekecil apapun itu, melangkahlah dan berbuatlah sebagai apapun dirikita senantiasa karena Allah SWT.

DENI, yang lagi sedih

Den, membaca sms dari mu sore tadi kami semua di sini jadi was-was dan bertanya-tanya dalam hati, coba menghubungi HP mu kayanya jadi susah gak tau kenapa? yang jelas itu menjadikan kami di sini semakin khawatir, pas nyoba lewat sms ternyata bisa dan kami sedikit lega menunggu jawaban darimu, lama baru kau jawab sms kami dan isinya semakin membuiat kami menjadi lega bahkan kami tersenyum. Deni, deni bikin kalang kabut aja, yang biasa kami isi pulsa cuma 10 ribuan karena pengen ngobrol jadi belio yang 25 ribu deh.

Deni, segala sesuatu yang namanya makhluk pasti berawal dan berakhir, begitu juga dengan apa yang deni alami, hanya soal biasa dan teramat kecil jika dibandingkan dengan indahnya kehidupan yang akan Deni lalui. Kata orang bijak ambil hikmahnya, tetaplah melangkah di hadapanmu masih luas terbentang keindahan dan masa depan kita yang harus kita persiapkan sejak sekarang.

Memang akhir-akhir ini banyak timbul kekhawatiran dan rasa was-was yang teramat sangat, coba bayangkan kalau dulu kami hanya khawatir kamu terjerumus kedalam lingkungan yang tidak baik seperti narkoba atau pergaulan bebas hingga kami harus mengawasi dengan siapa kamu bergaul. Ini agak sedikit mudah sebab kami tau tingkah polah serta tindak tanduk dan pembawaaan dari teman-temanmu yang kami kenal jadi kami dengan mudah melarang atau memperingatimu untuk berhati hati dengan si A,B,C dan membiarkanmu bergaul dengan si X,Y,Z karena dia baik. Tapi sekarang ini, kami bahkan khawatir jika kau pergi menghadiri majlis taklim sekalipun, kami bertanya-tanya dengan siapa kau mengaji, dengan siapa kau ke majlis taklim. itu semua dikarenakan saat ini banyak sekali aliran-aliran yang melenakan kita yang awam ini dengan doktrin dan bahkan ayat al-Qur’an serta petikan hadist. Begitu kuatnya mereka merasuk kedalam kalbu dan pola [pikir kita yang memang dangkal pengetahuan agama, sehingga banyak yang terpesona, terkagum-kagum membenarkan ajaran yang barui kali itu didengar, harapan akan surga dan hidup bahagia menjadi salah satu penyebab orang terjungkal.

Den kami cuma mau kau berhati-hati, saat ini ajaran yang menyesatkan begitu banyak, bukan berarti kami tak suka apalagi melarang mu mengikuti pengajian atau majlis taklim, hanya pilih dan pilahlah teman-teman di sekitarmu, perbanyak pengetahuan agama, kuatkan Iman.

Deni, bujukan jiwa muda yang bersemangat, serta merasa amal kita belum banyak bisa menjadi pemikiran jalan pintas, bahwa untuk memperoleh surgaNYA bisa lewat jihad dan mati syahid, hidup selesai dan masuk surga. Den, teramat banyak contoh disekitar kita yang terperangkap dilingkaran itu, sehingga julukan TERORIS pun menjadi kebanggaan.

Oke Den, jangan lupa Shalat, perbanyak tadarus dan berdo’a, belajar masih menjadi kewajibanmu dan itu adalah ladang amal buatmu, menuntut ilmu adalah ibadah maka niatkan hanya karena ALLAH, perbanyak teman seiman Insya Allah kamu selamat.

RANGGA SAPUTRA, bacaan buat mu

Angga, begitu panggilan akrab buatmu, saat ini apa yang sedang terjadi dengan dirimu, apa yang mengganjal di hatimu? Coba ungkapkan dengan jujur.

Angga………                                                                                                                                                                  masih adakah rasa sayang mu buat orang tuamu, kau masih belum berubah entah kenapa?

Mama, bayangkanlah wajah mama setiap kali kamu ingin berbuat yang mama tidak suka, bayangkan bagaimana mamamu membanting tulang untuk membesarkan dan mendidikmu. Tidak pernah kau dengar keluh kesah dari mama semua dilakukan karena kasih sayang, cinta dan berharap kau tumbuh berkembang menjadi pribadi yang baik.

Rangga, sekarang coba renungkan betapa perjuangan mama buat dirimu.                                                          Sembilan bulan kau dalam kandungannya, kemana mama pergi kau di bawa, mama bekerja, mama memasak, mama mencuci, pergi ke Dokter, kau selalu dibawa hingga saat kau dilahirkan.

Rangga, tahukah saat melahirkan mu mama cuma punya dua pilihan selamat atau tidak. Rasa sakit yang luar biasa mama tahan tanpa menangis, bersimbah darah mama tahankan demi lahirnya putera tercinta. Saat itu harapan mama semoga anaknya selamat dapat hidup meskipun harus ditebus dengan nyawa. Alhamdulillah mama dan Rangga selamat, masih dengan rasa sakit yang sangat mamamu tersenyum mendengar tangisanmu, mamamu bahagia kau hadir di dunia ini.

Rangga, saat kau mulai tumbuh, kau disusui, dipeluk dicium dan dijaga sepanjang hari, manakala kau tertidur mama setia menunggumu, tak boleh seekor nyamukpun mendekati, saat mama terkantuk-kantuk kau menangis karena kau pipis atau buang air besar, mama terbangun dan menggantikan popokmu dengan hati yang tulus, kau tidak dimarahi malah mama tersenyum. Mungkin mata mamamu terpejam hanya beberapa saat demi menjaga mu.

Saat kau berusia balita, dimanapun kau berada mama selalu mengawasi, kemanapun mama pergi kau merengek minta ikut, mama tak pernah marah.

Rangga, jadi renungkan semua itu sebelum berbuat yang tidak baik, sebelum pebuatanmu melukai hati mama, hanya itu yang mamamu mau, dan semua itu demi bekalmu dimasa depan.

Rangga pasti tau apa maksud semua ini, maka tanamkan niat mu untuk dapat berubah, kamu pasti bisa dan harus bisa jika memang kau sayang mama.

Rangga do’a untukmu selalu menyertai.